Manajemen Layanan TI
Metode
Perubahan Manajemen dan Penerapan Praktik Terbaik
Perubahan Prioritas
Pedoman dan Tingkat Risiko Perubahan.
Risiko
|
Waktu
|
Deskripsi
|
Tinggi
|
3 minggu
|
Sangat
sulit atau tidak mungkin untuk backout. Dampak besar jika gagal. Melibatkan
beberapa atau sistem yang kritis. Staf besar yang terlibat dalam pelaksanaan.
Akan mengganggu hardware, perangkat lunak, data jika gagal.
|
Menengah
|
2 minggu
|
Backout
sulit atau panjang. Melibatkan beberapa sistem. Mungkin mengganggu hardware,
perangkat lunak, data jika gagal.
|
Rendah
|
1 minggu
|
Dampak
kecil pada kegagalan. Melibatkan sistem non-kritis. Backout sederhana atau
tidak dibutuhkan.
|
Darurat
|
Tidak
ada
|
Persyaratan
bisnis langsung dengan tidak ada peringatan. Tinggi tingkat keparahan. Ini
harus terjadi akibat masalah keparahan 1 dan telah dimasukkan dalam sistem
dengan sejumlah masalah yang ditugaskan.
|
Contoh: CHANGE
PRIORITY
GRID
Perubahan
|
---Dampak masalah---
|
Perubahan menerima prioritas untuk
sumber daya dan penjadwalan
|
|||
Risiko
|
KRITIS
|
TINGGI
|
MENENGAH
|
RENDAH
|
|
TINGGI
|
+1
|
1
|
2
|
3
|
|
MENENGAH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
RENDAH
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
DARURAT
|
+1
|
-
|
-
|
-
|
Menyarankan Perubahan Perencanaan Pengembangan Tanggung Jawab
Catatan: Perubahan Planner/pengembang tanggung jawab berbeda dari orang-orang Koordinator perubahan sehingga mereka terdaftar di sini untuk perbandingan.
Mengubah perencana pengembang: Satu yang permintaan/menciptakan perubahan dipindahkan ke produksi. Tujuan: Untuk menyediakan sistem manajemen perubahan (atau fungsi koordinasi perubahan) dengan berubah deskripsi, tanggal yang diminta dan tujuan dari perubahan. Ini termasuk pengujian dan menyediakan semua dokumen pendukung. Untuk berkomunikasi kesulitan dan/atau keberhasilan proses pembangunan kembali ke sistem manajemen perubahan atau mengubah koordinasi fungsi.
Tanggung jawab:
- Memperoleh persetujuan dari manajemen mereka sebelum permohonan perubahan dijadwalkan.
- Review hasil pengujian dari perkembangan perubahan.
- Mengembangkan dan/atau mempersiapkan perubahan untuk produksi.
- Lengkap dan menyediakan semua dokumen yang dibutuhkan untuk personil yang sesuai.
- Update terkena semua prosedur (yaitu operasional, pengguna dan offsite jika berlaku).
- Mengembangkan prosedur backout dan pemulihan sehingga personil operasi dapat menggunakannya
- Mengembangkan prosedur tes.
- Jadwal dan menjalankan prosedur tes.
- Gunakan hasil tes sebagai bagian dari perubahan dokumentasi.
- Memberitahukan semua individu yang akan terpengaruh oleh perubahan
- Update sistem perubahan (atau memberitahukan perubahan koordinasi) seluruh proses pembangunan.
- Beritahu manajemen dipengaruhi oleh perubahan penyesuaian apapun dengan jadwal yang direncanakan.
Perubahan yang Disarankan Koordinator Tanggung Jawab
Perubahan Manajemen Koordinator: Orang yang bertanggung jawab untuk menjaga proses perubahan manajemen.Tujuan: Untuk memastikan bahwa kebijakan dan prosedur ditaati dan bahwa manajemen senior memiliki informasi (yaitu laporan, masukan) yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa perubahan manajemen pendekatan adalah pertemuan semua sasaran.
Tanggung jawab:
- Kursi Rapat manajemen perubahan.
- Efektivitas sistem manajemen.
- Merevisi prosedur perubahan jika diperlukan dan menyarankan manajemen.
- Bertindak sebagai focal point untuk saran mengenai prosedur perubahan.
- Menghasilkan statistik dan tren laporan untuk manajemen menggunakan untuk menganalisis perubahan
- Menyarankan manajemen prosedural pelanggaran atau kelalaian melalui laporan manajemen.
- dari salinan mereka sendiri untuk penggunaan pribadi.
- Pastikan keberhasilan perubahan dan korelasi yang asli permintaan pengguna.
Kesimpulan :
Berbagai upaya dilakukan
dan pendekatan telah dilakukan untuk memecahkan masalah/resiko yang timbul
akibat adanya perubahan. Oleh karena itu untuk menghadapi perubahan tersebut
kita perlu melakukan manajemen perubahan yang lainnya, berarti upaya yang
dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya
perubahan dalam organisasi.
Tidak banyak
pula orang yang suka akan perubahan, namun walaupun begitu perubahan tidak bisa
dihindari. Karena hakikatnya memang seperti itu maka diperlukan satu manajemen
perubahan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik
positif.
Nama Anggota :
Bagus Yogatama 12114013
M. Junda Naufal 17114385
Noris Bennardo 18114015
Translate Journal
Sumber Jurnal
0 komentar:
Posting Komentar