Jumat, 03 Juni 2016

JURNAL ITSM

Manajemen Layanan TI

Metode Perubahan Manajemen dan Penerapan Praktik Terbaik



Perubahan Prioritas Pedoman dan Tingkat Risiko Perubahan.
 
Risiko
Waktu
 Deskripsi
Tinggi
3 minggu
Sangat sulit atau tidak mungkin untuk backout. Dampak besar jika gagal. Melibatkan beberapa atau sistem yang kritis. Staf besar yang terlibat dalam pelaksanaan. Akan mengganggu hardware, perangkat lunak, data jika gagal.
Menengah
2 minggu
Backout sulit atau panjang. Melibatkan beberapa sistem. Mungkin mengganggu hardware, perangkat lunak, data jika gagal.
Rendah
1 minggu
Dampak kecil pada kegagalan. Melibatkan sistem non-kritis. Backout sederhana atau tidak dibutuhkan.
Darurat
Tidak ada
Persyaratan bisnis langsung dengan tidak ada peringatan. Tinggi tingkat keparahan. Ini harus terjadi akibat masalah keparahan 1 dan telah dimasukkan dalam sistem dengan sejumlah masalah yang ditugaskan.

Contoh:                                      CHANGE  PRIORITY  GRID
Perubahan
---Dampak masalah---
Perubahan menerima prioritas untuk sumber daya dan penjadwalan
Risiko
KRITIS
TINGGI
MENENGAH
RENDAH
TINGGI
+1
1
2
3
MENENGAH
1
2
3
4
RENDAH
2
3
4
5
DARURAT
+1
-
-
-



Menyarankan Perubahan Perencanaan Pengembangan Tanggung Jawab


Catatan: Perubahan Planner/pengembang tanggung jawab berbeda dari orang-orang Koordinator perubahan sehingga mereka terdaftar di sini untuk perbandingan.
Mengubah perencana pengembang: Satu yang permintaan/menciptakan perubahan dipindahkan ke produksi. Tujuan: Untuk menyediakan sistem manajemen perubahan (atau fungsi koordinasi perubahan) dengan berubah deskripsi, tanggal yang diminta dan tujuan dari perubahan. Ini termasuk pengujian dan menyediakan semua dokumen pendukung. Untuk berkomunikasi kesulitan dan/atau keberhasilan proses pembangunan kembali ke sistem manajemen perubahan atau mengubah koordinasi fungsi.
Tanggung jawab:
-    Memperoleh persetujuan dari manajemen mereka sebelum permohonan perubahan dijadwalkan.
-    Review hasil pengujian dari perkembangan perubahan.
-    Mengembangkan dan/atau mempersiapkan perubahan untuk produksi.
-    Lengkap dan menyediakan semua dokumen yang dibutuhkan untuk personil yang sesuai.
-    Update terkena semua prosedur (yaitu operasional, pengguna dan offsite jika berlaku).
-    Mengembangkan prosedur backout dan pemulihan sehingga personil operasi dapat menggunakannya
-    Mengembangkan prosedur tes.
-    Jadwal dan menjalankan prosedur tes.
-    Gunakan hasil tes sebagai bagian dari perubahan dokumentasi.
-    Memberitahukan semua individu yang akan terpengaruh oleh perubahan
-    Update sistem perubahan (atau memberitahukan perubahan koordinasi) seluruh proses pembangunan.
-    Beritahu manajemen dipengaruhi oleh perubahan penyesuaian apapun dengan jadwal yang direncanakan.
  
Perubahan yang Disarankan Koordinator Tanggung Jawab

Perubahan Manajemen Koordinator: Orang yang bertanggung jawab untuk menjaga proses perubahan manajemen.
Tujuan: Untuk memastikan bahwa kebijakan dan prosedur ditaati dan bahwa manajemen senior memiliki informasi (yaitu laporan, masukan) yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa perubahan manajemen pendekatan adalah pertemuan semua sasaran.
Tanggung jawab:
-    Kursi Rapat manajemen perubahan.
-    Efektivitas sistem manajemen.
-    Merevisi prosedur perubahan jika diperlukan dan menyarankan manajemen.
-    Bertindak sebagai focal point untuk saran mengenai prosedur perubahan.
-    Menghasilkan statistik dan tren laporan untuk manajemen menggunakan untuk menganalisis perubahan
-    Menyarankan manajemen prosedural pelanggaran atau kelalaian melalui laporan manajemen.
-    dari salinan mereka sendiri untuk penggunaan pribadi.
-    Pastikan keberhasilan perubahan dan korelasi yang asli permintaan pengguna.

Kesimpulan :


         Berbagai upaya dilakukan dan pendekatan telah dilakukan untuk memecahkan masalah/resiko yang timbul akibat adanya perubahan. Oleh karena itu untuk menghadapi perubahan tersebut kita perlu melakukan manajemen perubahan yang lainnya, berarti upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi.
          Tidak banyak pula orang yang suka akan perubahan, namun walaupun begitu perubahan tidak bisa dihindari. Karena hakikatnya memang seperti itu maka diperlukan satu manajemen perubahan agar proses dan dampak dari perubahan tersebut mengarah pada titik positif.

Nama Anggota :
Bagus Yogatama       12114013
M. Junda Naufal       17114385
Noris Bennardo        18114015


Translate Journal
Sumber Jurnal

0 komentar:

Posting Komentar